Friday 16 June 2017

Pengajian Ramadhan di Rumah Dinas Rektor UNNES: Nuzulul Quran, Sarana Aktivasi Menjadi Pribadi Qurani

Untuk memperingati Nuzulul Qur’an di bulan Ramadhan, pengajian bersama diselenggarakan pada Kamis, (16/6) bertempat di Rumah Dinas Rektor UNNES.

Kegiatan ini diawali dengan Salat Tarawih berjamaah dan dilanjutkan dengan tausiyah dari Habib Anis Soleh.

Turut memberikan sambutan ialah Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa Al Quran ialah petunjuk seluruh umat manusia yang bisa menjawab seluruh permasalahan umat manusia.

Kemudian, ia menambahkan bahwa nuzulul quran merupakan sarana bagi civitas akademika UNNES untuk melakukan akselerasi diri menuju pribadi yang Qurani. Dalam hal ini, sebagai rumah ilmu, semua bagian dari perguruan tinggi dapat meningkatkan reputasi atas dasar membumikan Al Qur’an. Sehingga, hal tersebut akan memberikan berkah yang luar biasa bagi UNNES.

Masuk ke dalam tausiyah, Habib Soleh menerangkan bahwa nuzulul Quran dan lailatul qadar merupakan hal yang saling berkaitan di mana nuzulul Quran ialah turunnya Al Quran, dan lailatul qadar ialah proses aktivasi Al Quran ke dalam raga Nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini, kita sebagai manusia dapat memaksimalkan diri untuk mencari lailatul qadar demi aktivasi sifat Qurani tersebut.

Menurutnya, terdapat empat sifat Qurani yang dimiliki Nabi Muhammad, yakni; Sidiq, berperilaku benar di jalan Allah SWT; Amanah, dapat dipercaya dalam setiap kesempatan; Tabligh, menyampaikan wahyu Allah SWT seutuhnya; Fathonah, kecerdasan dalam ilmu yang dimiliki secara maksimal.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran pimpinan dan staf ahli di Universitas Negeri Semarang serta kalangan Unit Kegiatan Mahasiswa.

(Cesar, Student Staff)


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment