Thursday 8 June 2017

Mahasiswa Jurusan Sejarah UNNES KPS di Mojokerto-Malang

Universitas Negeri Semarang
Mahasiswa Jurusan Sejarah UNNES KPS di Mojokerto-Malang

Sebanyak 200 mahasiswa jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang (UNNES) angkatan tahun 2015 dan 2016 mengikuti Kajian Peninggalan Sejarah (KPS) selama empat hari sejak Selasa (2/5) hingga Jumat (5/5) di Mojokerto dan Malang.

Kegiatan tahunan ini merupakan salah satu kegiatan perkuliahan lapangan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada mahasiswa dalam melakukan kajian terhadap objek-objek sejarah.

Pada KPS kali ini, objek kajian ditentukan di daerah Mojokerto dan Malang. Setiap rombongan belajar (rombel) memiliki satu objek kajian utama untuk diteliti. Objek kajiannya meliputi Candi Brahu, Candi Tikus, Makam Troloyo, Candi Singosari, Candi Jago, Museum Brawijaya, dan Museum Bentoel.

Menariknya, hasil dari kajian tersebut tidak hanya membuat laporan penelitian saja, tetapi juga membuat film dokumenter, poster sejarah, dan katalog. Diakhir, peserta harus mempertanggungjawabkan kajiannya dengan seminar serta pemutaran hasil film dokumenter yang dibuat.

Ketua panitia Syaiful Amin MPd menjelaskan, melalui kegiatan ini mahasiswa sejarah diharapkan dapat mengaplikasikan teori-teori yang dipelajari kedalam kegiatan nyata. Dengan demikian, mahasiswa bisa lebih mencintai sejarah beserta peninggalannya.

(Angga Novian Pratama – Student Staff)

No comments:

Post a Comment