Thursday 18 August 2022

Buka PKKMB 2022, Rektor UNNES Tekankan Pentingnya Nilai Pancasila dalam Kehidupan Kampus

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022 pada Kamis (18/8) di Gedung Auditorium Kampus Sekaran.

Dalam kesempatan ini, Prof Fathur menyampaikan sebagai universitas konservasi, UNNES berkomitmen menjaga, melestarikan, dan mengembangkan lingkungan, seni dan budaya, serta nilai dan karakter luhur bangsa. Dan salah satu nilai luhur tersebut adalah nilai-nilai Pancasila

Di hadapan 11 ribu lebih mahasiswa baru, Prof Fathur menekankan pentingnya nilai-nilai pancasila dalam kehidupan kampus.

“Setiap kali saya menyambut mahasiswa baru, saya selalu merasakan kebahagiaan dan kebanggaan luar biasa. Saya bahagia karena berhadapan-hadapan dengan anak-anak muda bertalenta luar biasa. Saudara adalah kader konservasi yang harus memiliki komitmen dan kompetensi dalam memahami, menghayati, sekaligus mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Ketika Saudara diterima dan dinyatakan menjadi bagian dari sivitas akademik, Saudara semua harus menyadari peran dan tanggung jawab tersebut,” kata Rektor UNNES.

Menurut Prof Fathur dalam terminologi kepemimpinan bertumbuh, mahasiswa baru laksana benih yang sedang berkecambah, sedang bertunas, dan siap tumbuh menjadi pohon.

Lanjut, agar benih dapat tumbuh menjadi pohon yang kuat, nutrisi yang dikonsumsi harus baik dan cukup. Salah satu nutrisi paling penting adalah ilmu pengetahuan.

“Semakin baik dan banyak ilmu pengetahuan yang Saudara serap, semakin baik pula kualitas diri Anda di masa depan. Proses belajar yang akan Saudara lalu akan membentuk Saudara menjadi pribadi yang pancasilais. Untuk itu saya mendorong saudara agar menjadi mahasiswa yang berkarakter dan berprestasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini pula Rektor UNNES menyematkan jas almamater kepada mahasiswa baru perwakilan fakultas dan memberikan simbol pohon kepada meraka.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment