Tuesday 3 November 2020

Peringatan Maulid Nabi BAI UNNES, Prof Fathur Ajak Raih Kebahagiaan Sejati

Badan Amalan Islam (BAI) bersama Pengurus Masjid Ulul Albab Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan peringatan  Maulid Nabi dengan tema “Semangat Maulid Nabi Memacu Diri untuk Menggapai Kebahagiaan Sejati” dengan pembicara   KH Dr Ali Masykur Musa SH MSi secara Daring melalui Zoom meeting, Selasa, 3/11.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman mengajak kepada seluruh hadirin  untuk senantiasa bersyukur atas berkah dan rahmat sehat dengan membangun kebahagian dan produktif beribadah dan berkarya.

“Meski pandemi kita tetap merekat dalam silaturahmi dalam bingkai rumah ilmu UNNES. Melalui Peringatan Naulid Nabi Muhammad SAW, semoga menjadi berkah bagi kita untuk meningkatkan kapasitas menggapai kebahagian sejati. UNNES akan berupanya meningkatkan kapasitasnya melalui berbagai lompatan-lompatan untuk meraih PTN BH, Word Class University yang memiliki center of excellence in educatian maka diperlukan kebahahian. Kebahagian sangat penting bagi warga UNNES untuk memberikan kontribusi bagi bangsa,” kata Prof Fathur Rokhman.

KH Dr Ali Masykur Musa SH MSi dalam ceramahnya membahas makna kebahagian sesuai dalam kitab Kimiya’ al-Sa’adah  karya Imam al-Ghazali. Beliau menyampaikan Kebahagiaan tercapai melalui proses takhalli (mengosongkan) dan tahalli (menghiasi), yakni dengan  mendidik jiwa dengan cara menjauhi keburukan dan mensucikannya darinya dan menggapai keutamaan dan menghiasi jiwa dengan amal kebajikan.

“Kebahagiaan akan kita dapatkan  apabila kita sebagai manusia berupaya menyaksikan keberadaan Allah SWT, menyaksikan dzat dan maiyah-NYa.   Upayakan kita selalu menghadapkan diri kepada Allah SWT. Resep Imam Ghozali agar kebahagian sejati  didapat yaitu dengan taat, tekun, lurus menjalankan perintah Allah dengan berorientasi kepada rahmat Allah SWT  untuk mencapai kebahagiaan dunia akhirat,” terang KH Ali Masykur Musa.

Turut hadir dalam pengajian Wakil Rektor 1, 2, 3, dan 4,  Ketua, Sekretaris dan Anggota Senat, Ketua, Sekretaris dan Anggota Majelis Profesor, Dekan, Wakil Dekan, Ka Jur, Ses Jur, Ka Lab, Ka Prodi. dan Dosen, Direktur, Wakil Direktur dan Koord. Prodi Pascasarjana, Ketua, Sekrataris dan Kepala Pusat di Lembaga, Ketua, Sekretaris dan Kepala Pusat di Badan,  Kepala Biro, Kepala UPT dan Ka KUI (IO), Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Tenaga Kependidikan,  Ketua, Wakil Ketua, Ketua Sub Unit dan Anggota Darma Wanita, Pengurus BAI, Dosen, Tendik, dan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

 


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment