Monday 4 June 2018

Tim PKM-M UNNES Latih Grafitis Santri Rijalul Quran

Grafitis (Kaligrafi Batik Semarangan) merupakan inovasi baru yang diciptakan oleh Tim  Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) UNNES yang terdiri atas Daffa Savero R, M Hasan Muiz, Abdul Basit, Dhiva Ulhusna, dan Wahyu retno N dibawah bimbingan Zukhaira, SS MPd.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan semenjak bulan april hingga juni di dukuh Kalirejo Kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati Semarang yang meliputi pelatihan kaligrafi, pelatihan batik, pelatihan kaligrafi batik semarangan, pelatihan marketing, dan lain sebagainya.

Daffa selaku ketua tim mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya nyata mahasiswa selaku garda terdepan bangsa dalam mempersiapkan santri yang memiliki kemandirian ekonomi kelak sehingga dapat berperan dalam mencapai sustainable development goal.

Keseharian santri selama ini hanya disibukkan dengan hanya menghafal Alqur’an dan mempelajari ilmu-ilmu keagamaan.

“Pelatihan grafitis sangat kami butuhkan dalam memberikan bekal keterampilan kepada santri kami, sehingga kelak bisa bermanfaat bagi mereka pasca menyelesaikan hafalan Alquran mereka di pondok ini” ujar Jamat Jamil, selaku salah satu ustadz di pondok tersebut.

Untuk menjaga keberlangsungan progam tim PKM-M sudah melakukan beberapa upaya diantaranya pembentukan  Unit Santri Berkerasi (USB), pelatihan batik cap dan printing kepada ustadz, dan sedang berupaya membuat Memorandum of Understanding (MoU) antara pondok pesantren dengan pihak fakultas.


from Universitas Negeri Semarang

No comments:

Post a Comment